Friday, July 14, 2017

Panduan Lengkap Tutorial Blender 3D untuk pemula

Panduan Lengkap Tutorial Blender 3D untuk pemula

Panduan Lengkap Tutorial Blender 3D untuk pemula

Blender merupakan software atau aplikasi 3d yang bisa didapatkan dengan gratis atau tidak membayar sama sekali, Blender juga termasuk software Opensources yang dapat dijalankan disemua sistem operasi mulai dari Windows, Mac OS X, Linux bahkan Android.

Blender mempunyai beberapa forum seperti BlenderArtist dan Blender Army Indonesia, Anda juga dapat bergabung dengan forum tersebut untuk meningkatkan kemampuan Anda di bidang Blender 3D. Ada banyak tutorial yang tersedia di internet mulai dari pemula atau newbie, amatir dan sampai pro dalam Blender 3D.

Jika Anda yang sangat ingin belajar Blender 3D cobalah memulai dari hal-hal yang sederhana misalnya membuat kursi dan lainnya dan juga Anda harus mengerti cara mengatur Blender 3D seperti cara mengatur cahaya, kamera, objek atau benda. Untuk memulainya Anda harus mengetahui dasar-dasar mengoperasikan Blender 3D.

Berikut ini adalah dasar-dasar mengoperasikan Blender 3D.

Operasi dasar Blender 3D

Operasi dasar pada software atau aplikasi Blender 3D cukup sederhana, yaitu hanya menggerakan objek, memutarkan objek, mengatur ukuran objek dan menambah objek. Selengkapnya simaklah penjelasan di bawah ini.

Grab yaitu operasi dasar untuk menggerakan objek baik itu untuk sumbu X, Y, dan Z maupun bebas. Menggunakan operasi ini dapat membuat benda berpindah tempat dari semulanya. Untuk melakukannya yaitu dengan cara menekan tombol G pada keyboard Anda.
Rotate yaitu untuk memutar objek supaya miring atau menghadap kebagian yang lain. Untuk melakukannya cukup menekan tombol R pada keyboard.
Scale yaitu untuk mengatur atau mengubah ukuran objek atau benda untuk dapat diperbesar atau diperkecil dari ukuran semulanya. Untuk melakukannya tekan tombol S di keyboard.

Memberi Warna objek

Untuk memberikan warna kepada objek sangat sederhana yaitu dengan menambahkan material kedalam objek Anda, caranya dengan menuju ke tab Material yang terletak di panel samping kanan. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini.

Panel penambah warna material di Blender.

Benda atau objek yang sudah dikasih material akan berubah warna tergantung warna yang Anda tetapkan, jika di Edit Mode Anda harus mengeklik tombol Assign terlebih dahulu untuk memisahkan warnaya.

Memperhalus Permukaan Objek

Jika Anda membuat suatu karya atau proyek di Blender 3D, Anda mungkin dapat melihat bahwa Objek Anda yang sudah dibentuk terlihat kasar atau flat. Untuk mengatasinya dapat menggunakan Shade Smooth atau menggunakan Modifier Subdivision Surface. Shade Smooth dapat diakses melalui panel kiri atau tekan tombol T pada opsi Shading, dan Subdivision Surface dapat diakses dengan menambahkan Modifier disamping Tabs Material seperti gambar di bawah ini.

Gambar untuk membuat Subdivision Surface.

Menambahkan Objek

Dalam Blender 3D kadang kita memerlukan objek baru yang berguna untuk memisahkan objek satu dengan objek yang lain, contohnya objek pintu dengan aquarium. Menambah objek baru berguna untuk memvariasikan bentuk serta dapat membuat benda menjadi lebih banyak lagi. Untuk mempermudah Anda dalam membuat suatu ruangan yang berisi berbagai barang Anda dapat menambahkan dengan cara menekan tombol Shift+A pada keyboard.

Menambahkan Tekstur

Pada Blender 3D untuk menambahkan sebuah tekstur Anda dapat menggunakan UV Mapping. Untuk melakukan tindakan UV Mapping, tekan tombol U pada saat edit mode. Seleksi terlebih dahulu area yang ingin diberi tekstur kemudian terapkan UV Mappingnya.

Blender Cycles

Blender Cycles adalah mode Blender yang penggunaannya biasanya untuk membuat suatu Artwork, karena ketimbang Blender Internal, Blender Cycles lebih bervariasi untuk membuat kesan yang lebih realistis dan indah. Hal ini didukung oleh adanya Nodes Editor yang berfungsi secara maksimal, di dalamnya kita dapat membuat Material yang lebih kelihatan nyata.

Artikel yang mungkin berguna bagi Anda dalam belajar Blender 3D.

Tutorial UV Mapping di Blender 3D.

Tutorial menghapus UV Mapping Blender 3D.

Tutorial mengatur kamera di Blender 3D.

Tutorial membuat Texture Paint Blender 3D.

5 Addon paling berguna di Blender 3D.

Cara menemukan Nodes Multiply.

Cara memasang Add-ons Blender 3D.

Cara menyimpan video di Blender 3D.

Mengurangi noise Blender Cycles.

Hardware yang diperlukan Blender 3D.

Tips untuk mengoptimalkan dan mempercepat render.

Tips dari Newbie sampai Pro Blender 3D.


Di atas merupakan artikel tentang Blender 3D yang dapat Anda baca salah satu darinya. Untuk yang ingin menyampaikan komentar atau pertanyaan silahkan langsung berikan dikolom komentar di bawah artikel ini, Wassalamu’alaikum wr. wb.
MARI BANTU SAYA MEMPERBANYAK ARTIKEL
PESAN TUTORIAL

No comments:

Post a Comment