Saturday, February 11, 2017

Tutorial Membuat Rims atau Velg Ban di Blender 3D

Tutorial Membuat Rims atau Velg Ban di Blender 3D

Tutorial Membuat Rims atau Velg Ban di Blender 3D

Salam jumpa lagi kawan-kawan, jarang update artikel karena sibuk dengan pekerjaan sekolah yang banyak dan tidak ada hentinya menghampiri saya. Kali ini saya akan membahas tutorial Blender 3D lagi. Tutorial kali ini berhubungan dengan modelling di Blender 3D, yaitu saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat velg atau rims ban mobil maupun ban motor.



Tutorial saya kali ini memang lanjutan dari tutorial Cara Membuat Roda Ban di Blender 3D. Lanjutan dari tutorial kemarin, tutorial inipun menggunakan teknik yang hampir sama dengan teknik tutorail kemarin. Tutorial kali ini memang lumayan ringan dan mudah untuk dipraktekan atau disimak. Baiklah mari simak tutorial berikut ini untuk membuat sebuah velg atau rims di Blender 3D

Langkah-Langkah Membuatnya.

Untuk memulai membuatnya, pertama kita harus menggunakan objek mesh circle. Caranya hapus Cube, ganti dengan Circle dengan menekan kombinasi tombol SHIFT+A, seteleah itu pilih objek mesh circle. Circle dalam blender adalah objek mesh yang berbentuk seperti lingkaran.

Baca : Cara membuat ban di Blender 3D

Setelah itu seleksi bagian-bagian vertex dari circle itu yang kemudian hapuslah vertex yang sudah terseleksi tersebut, ini berguna untuk rims atau velgnya menjadi lebih mudah untuk dibuat. Hapuslah vertex itu dengan menekan tombol X lalu pilih Delete Vertex, pastikan anda benar menyeleksi seperti pada gambar dibawah ini, boleh sesuka anda, tetapi saya akan membahas hanya seleksi seperti dibawah ini saja.


Setelah Anda menghapus vertex dari Circle tersebut, sekarang Anda harus membentuk vertex tersebut seperti dibawah ini dengan titik pusat cursor. Gunakan cara Scale dengan menekan tombol S dan Extrude dengan menekan tombol E pada keyboard. Bentuklah seperti dibawah ini, bagian yang hitam merupakan vertex yang menjorok ke dalam. Anda boleh membuat sesuka Anda dalam model rims atau velg ini.


Kemudian seleksi semua vertex atau dengan cara menekan tombol A pada keyboard untuk meyeleksi semua vertex dimesh atau objek itu. Lalu tekan kombinasi tombol ALT+R.
Penting : Usahakan letak cursor ditengah mesh atau objek itu untuk membuat model yang rapi.
 setelah itu seharusnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini, kemudian selanjutnya atur jumlah duplikasi mesh tersebut dengan mengatur Steps menjadi 6 dan Angle menjadi 360, maka akan ada dua mesh yang tertumpuk.


Selanjutnya jika ada dua mesh atau objeknya yang tertumpuk maka anda harus dihapus dengan menggunakan metode Remove Doubles dengan menekan tombol W kemudian pilih Remove Doubles untuk menghapusnya. Maka akan terhapus objek yang bertumpukan itu.

Selanjutnya hapuslah bagian yang tidak rapi dibagian tepi-tepi rims atau objek velg tersebut, bagian itu berwarna lebih gelap yang terdapat ditepi-tepi rims tersebut yang merupakan mesh yang tertumpuk. Bersihkan dengan cara menekan tombol ALT+M atau Merge. Seleksi satu vertex dengan satu vertex yang berdekatan kemudian tekan ALT+M pilih At Center. Lakukan langkah itu sebanyak vertex yang tertumpuk berada di tepi.

Setelah itu bentuklah lagi dengan mengatur beberapa vertex seperti dibawah ini, tambahkan Extrude vertex lagi, dan gunakan juga teknik Merge At Center. Jika Anda membuat model yang berbeda atau yang sesuka Anda, saya sarankan untuk merapikan tata letak vertex-nya untuk mempermudah membuat rims atau velgnya.


Setelah Anda siap dan mantap dengan model rims atau velgnya, kemudian Anda dapat membuat ban itu tampak berisi atau tidak datar. Caranya seleksi semua vertex dengan menekan tombol A pada keyboard, setelah itu Extrude dengan menekan tombol E yang kemudian arahkan Extrude-nya kebawah atau melalui sumbu z yang anak panah berwarna biru. Jika Anda bingung dapat melihat contoh gambar dibawah ini.


Setelah itu, kemudian langkah yang selanjutnya adalah penyempurnaan model rims atau velg yang sudah Anda buat itu. Untuk penyempurnaannya Anda dapat menambahkan sebuah Modifier yaitu Subdivision Surface yang berguna untuk memperhalus model rims atau velg tersebut, jangan lupa juga selain menggunakan Subdivision Surface, model itu terlebih dahulu di Smooth dahulu untuk membuat model yang halus.

Hasil Akhir.

Setelah Anda mengikuti semua langkah diatas, sekarang cobalah untuk me-render hasil model yang Anda buat. Jika model yang Anda buat belum sempurna karena Anda masih bingung, sebab rims atau velgnya yang dirasakan belum detail, maka Anda harus menggunakan metode atau cara Loop Cut and Slide dengan menekan tombol CTRL+R yang kemudian sesuaikan posisinya. Anda akan melihat perbedaannya sendiri dari yang sebelumnya dibandingkan dengan yang sekarang.

Tambahkan juga beberapa benda pelengkap misalnya paku, mur, baut dan sebagainya untuk membuat rims atau velg lebih menarik, untuk membuatnya usahakan dengan objek atau mesh yang baru bukan dengan bersama mesh atau objek model rims atau velgnya.



Selesai, model velg atau rims-nya selesai kita buat, berdasarkan gambar diatas saya tidak menambahkan benda pelengkap atau aksesoris ataupun ban karetnya. Untuk membuat ban karetnya Anda dapat membaca tutorialnya saya sudah membuatnya, jadi silahkan cari tutorialnya di Blendmuns ini ya.

Baiklah itulah tutorial yang dapat saya bagikan kepada Anda, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda mengalami kendala ataupun masalah, silahkan lampirkan atau tinggalkan sebuah komentar yang berkaitan dengan artikel ini. Sekian dari saya, terima kasih sudah membaca artikel saya.  Saya mengucapkan Wassalamu’alaikum wr. wb.



Next Post Older Post