Saturday, December 3, 2016

Belajar Texture paint Blender 3d cycles

Belajar Texture paint Blender 3d cycles

Belajar Texture paint Blender 3d cycles


Pada tutorial ini, saya akan memberikan sebuah informasi tentang cara menggunakan texture painting di Blender cycles 3d dengan benar supaya muncul di Render, banyak orang kesulitan dalam menggunakan texture painting. Dengan texture Painting kita dapat membuat sebuah gambar texture langsung di Blender 3d atau langsung melukis dan mencoret langsung pada blender 3d tanpa bantuan software lain. 

Pada Tutorial ini saya akan menggunakan Blender Cycles karena lebih mudah dipelajari ketimbang blender render. Tanpa basa-basi mari kita langsung saja mengikuti Tutorial dan Langkah-langkah texture painting. 

Langkah Pertama.

Buka blender 3d dan pindah mode Ke Blender cycles. Comedian Tutorial ini akan membuat eksperimen menggunakan UV Sphere jadi hapus cube atau kotak dan ganti dengan Uv sphere atau mesh bulat. Kalian dapat menggunakan mesh atau benda lain selain Uv sphere. Tetapi kali ini saya akan menggunakan mesh UV Sphere untuk mempermudah menjelaskan dan menerangkan tutorial blender 3d kepada anda yang ingin belajar blender 3d.

Langkah Kedua.

Pindah ke menu jendela UV/Image Editor dan setelah itu “Klik New” dan Tentukan color sesuka anda misalnya RGB #FFDBAE dan Beri nama “Teksture saya” atur Width dan Height sesuka anda, yang penting Resolusinya tinggi supaya jika anda ingin gambar yang detail dapat terlihat. Setelah itu klik OK.


Setelah membuat sebuah texture anda harus membuat sebuah material node, untuk itu anda harus pindah ke menu Node editor kemudian Klik New atau klik menu dropdown dan pilih material yang sudah ada kemudian centang cekbox Use Nodes, lalu inilah node untuk material Uv sphere-nya.  


Langkah Ketiga.

Dalam 3d view tekan para keyboard U dan pilih yang Smart UV Project karena dengan uv mapping yang ini dapat membuat texure tidak tumpah tindih. Setelah itu klik dan atur Angle limit, Island margin dan area weight sesuka anda, anda akan tau fungsi ini.


Langkah Keempat.

Pada langkah ini ganti Object Mode menjadi Texture Paint, Setelah di dalam mode Texture paint pilih jenis pewarnaan atau pelukisannya dengan menggunakan TexDraw seperti gambar dibawah ini. Tentukan warna kuasnya dengan warna hitam pekat dengan Radius 20-35 dan Strength 900-1000.


Setelah itu gambar pada mesh Uv Sphere tersebut dengan gambar dibawah, mungkin jika tidak suka anda bisa menggambar lainnya. Ini hanyalah contoh ya, Saya mengasih texture orang yang sedang tertidur sambil bersenyum.


Setelah selesai jika agan menginginkan untuk melihat hasilnya di render maka 
ini penting agan harus menyimpan gambar tekstur terlebih dahulu karena jika tidak maka teksture akan tidak muncul dan percuma agan merender menunggu lama.
Banyak orang yang belum mengetahui ini jadi saya beritahukan untuk langkahnya klik Image terus Save Image terus simpan gambar.


Langkah Terakhir.

Untuk perenderan dengan hasil yang menarik, cantik dan bagus atau sempurna agan dapat menambahkan sebuah lamp dengan pengaturan world, pencahayaan camera. Seperti gambar dibawah.


Ini hasil render saya boleh agan lihat. Saya menambahkan pencahayan dan pengaturan world dan juga saya menggunakan camera mode ortographic.
Pengaturan World dan camera serta lamp penting karena untuk memperjelas saat melihat hasil render atau membuat hasil render lebih bagus, baik atau lebih menarik untuk itu agan perlu belajar teknik ini.


Cukup sekian ya gan mudah-mudahan dapat bermanfaat dan semoga terus semangat belajar blender.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

MARI BANTU SAYA MEMPERBANYAK ARTIKEL
PESAN TUTORIAL

1 comment: